Anak Muda Bangsa di 2030 Youth Force Indonesia

Lifestyle

Banyaknya wadah semacam komunitas dan organisasi di Indonesia yang kian memberikan warna unik di bangsa ini. Kegiatan mereka adalah murni inisiatif dan rasa peduli dari anak muda pada kondisi lingkungannya. Dari mulai mengangkat isu perubahan lingkungan, korupsi, donor darah, pendidikan, budaya, hingga binatang menjadi topik pembicaraan dan aksi yang mereka lakukan.

Mungkin berbeda dari yang lain, pada akhir tahun 2016 lalu sebuah platform baru, yakni 20 anak muda dari berbagai daerah di Indonesia berkumpul di Kantor UNDP Indonesia untuk mendeklarasikan diri menjadi tim 2030 Youth Force Indonesia. Tim ini berisikan para pemuda Indonesia yang mayoritas mahasiswa S1 atau S2 dan mereka pemuda yang peduli di bidang terkait lingkungan, pendidikan, atau sosial lainnya.

Berbagai macam background tersebut membuat alasan untuk bersatu dan memperjuangan masa depan secara bersama-sama ke depannya. Saat ini fokus kerja tim 2030 Youth Force Indonesia adalah mengajak khususnya para pemuda bangsa Indonesia untuk lebih tahu dan turut berpartisipasi aktif menyukseskan mimpi di Tahun 2030 yang tertera pada 17 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan Dunia.

Program 2030 Youth Force Indonesia hadir sebagai representatif anak muda bangsa sebagai wadah bersatunya pemuda bangsa untuk memperjuangkan nasib masa depan di Tahun 2030 dan ke depannya. Dengan agenda global, memperhatikan 17 isu SDGs. Bukan alasan bagi pemuda di daerah jauh dan pelosok untuk tidak bisa bergabung menjadi bagian dari 2030 Youth Force Indonesia. Semua pemuda Indonesia bisa bergabung sebagai changemakers 2030 Youth Force Indonesia.

Pilar utama platform ini adalah "No One Left Behind" atau tidak ada satupun yang dilupakan. Semua harus berperan aktif dan bersama. Salah satu bentuk inklusif platform ini adalah adanya salah satu anggota tim difabel. Dunia sudah mengakui sosok ini. Dialah Sikdam Hasyim. Jika kita cek pada mesin pencarian Google dengan keyword "Sikdam Hasyim", pasti segudang capaian Sikdam Hasyim dapat kita ketahui.

Ia bergabung dan turut mendeklarasikan diri menjadi Tim 2030 Youth Force Indonesia. Itulah sebuah contoh bahwa platform ini benar-benar inklusif dan semua pemuda bangsa Indonesia bisa bergabung dengan tim ini. Optimisme inilah yang dibutuhkan bangsa Indonesia. Berbeda latar belakang dan tempat tinggal bukan alasan untuk tidak tergabung.

Di sinilah wadahnya pemuda harapan bangsa untuk bersatu memperjuangkan apa yang ia mampu untuk membangun bangsanya sendiri lewat berbagai cara. United Nation (UN) Indonesia mendukung cikal bakal platform ini. Ke depannya harapan gayung bersambut dapat hadir dari Pemerintah Pusat dan Daerah untuk turut mendukung 2030 Youth Force Indonesia.

Yang terpenting saat ini hanya satu, yakni seluruh pemuda bangsa Indonesia turut bergabung menjadi bagian dari 2030 Youth Force Indonesia. Ini sudah tidak bisa ditunda lagi. Dan inilah saatnya bersatu untuk masa depan yang lebih baik. (Tulisan ini dikirim oleh Lukiantoro)



connection error