Kasus Gigi Rusak pada Anak Semakin Banyak

Placeholder
Lifestyle

Para ahli mengatakan, kasus kerusakan gigi pada anak-anak semakin meningkat akibat makanan bergula dan kebersihan mulut yang buruk.

Ahli bedah gigi di Inggris telah melakukan sekitar 40.800 operasi untuk mencabut gigi rusak milik anak-anak usia dini hingga remaja pada tahun lalu.

Angka tersebut setara dengan 161 kasus pencabutan gigi setiap hari kerja. Kejadian ini dinilai peneliti juga terjadi di negara-negara lainnya dan bisa lebih buruk.

Penyebab utama pencabutan gigi ialah akibat kerusakan gigi. Gigi keropos dan berlubang juga menjadi salah satu penyebab terbesar anak-anak pergi ke rumah sakit.

Para ahli menyalahkan jumlah gula yang tinggi dalam makanan dan minuman sehari-hari yang dikonsumsi anak-anak, disertai dengan perawatan kebersihan mulut yang buruk.

Juru bicara Local Government Association, Izzi Seccombe mengatakan, "Kondisi ini sangat mengkhawatirkan, karena kondisi kerusakan gigi sudah tidak dapat tertolong oleh dokter gigi umum dan sebagai hasilnya anak-anak harus mendapatkan perawatan langsung di rumah sakit."

Untuk itu, orangtua perlu lebih peduli tentang kebersihan gigi anak sejak anak sudah mulai tumbuh gigi, melalui rutin sikat gigi hingga kunjungan kesehatan ke dokter gigi.



Warta Sejenis

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!