Mengapa Orang Indonesia Sulit Ungkapkan Rasa Sayang?

Lifestyle

Jakarta - Mengungkapkan kasih sayang adalah hal yang biasa dilakukan oleh masyarakat Barat. Namun di Indonesia, bentuk kasih sayang seperti ucapan rasa sayang dan sikap mesra sepertinya masih kurang umum dilakukan.

Bila ditilik dari teori Matsumoto tahun 2004, penyebab dari fenomena tersebut adalah budaya lokal.

"Kalau di Indonesia memang tidak ada budaya mengungkapkan kasih sayang, masih minim," pungkas Bona Sardo, M. Psi selaku psikolog klinik terpadu Universitas Indonesia dalam acara peluncuran kampanye DOVE Chocolate: Kasih Sayang, Kasih Dove pada Kamis (12/1/2016).

Padahal, menurut Bona, mengungkapkan kasih sayang sesering mungkin akan membuat kualitas hidup seseorang semakin meningkat, terutama bila dilakukan sejak kecil.

Anak yang mendapatkan limpahan kasih sayang akan tumbuh menjadi seseorang dengan intelegensi dan verbal yang bagus serta minim kekerasan dalam kesehariannya.

Oleh karena itu, Bona menyarankan untuk menunjukkan kasih sayang secara konsisten. Bila belum terbiasa, lakukanlah secara perlahan-lahan dengan melakukan hal-hal kecil dan terus ditingkatkan semakin lama.

"Untuk anak kecil misalnya, saat berpelukan, biarkan mereka yang melepaskan pelukan," demikian Bona memberi contoh.

Ia menambahkan, akan lebih baik bila Anda bisa mengerti bagaimana bentuk kasih sayang yang disenangi oleh orang terkasih sehingga lebih mudah untuk melakukan pendekatan atau menunjukkan rasa sayang tersebut.



connection error