Untuk Pecinta Kopi, Begini Tips Memperbaiki Kualitas Tidur Anda

Placeholder
Lifestyle

BERAPA cangkir kopi yang Anda habiskan dalam sehari? Kebiasaan minum kopi dapat menurunkan kualitas tidur, bila Anda meminumnya secara berlebihan di waktu yang tidak tepat.

Laporan yang tertulis dalam Global Council on Brain Health mengatakan, orang yang berusia di atas 50 tahun disarankan untuk menghindari kafein setelah makan siang. Hal ini diupayakan untuk mencegah kualitas tidur yang buruk.

Ketika pola tidur seseorang berubah, seseorang cenderung mudah terjaga di malam hari dan mengalami kesulitan tidur. Berdasarkan penelitian, mereka dengan kesulitan tidur kronis memiliki risiko tinggi penyakit jantung, obesitas, diabetes, hingga kanker.

"Tidur adalah kebutuhan yang perlu kita lakukan, tetapi kita perlu bijak mengatur waktu tidur seiring umur bertambah," ungkap james Goodwin, kepala ilmuwan dari Age UK.

Ia menambahkan, kualitas tidur dapat menghindari tubuh dari ragam masalah penyakit. Kualitas tidur juga memengaruhi pada kesehatan mental dan otak di kemudian hari.

Bagi para pecinta kopi, bukan berarti Anda dilarang minum kopi. Anda perlu mengatur batasan untuk menikmati minuman yang mengandung kafein ini.

Menyesap satu cangkir kopi tentu akan menjaga tingkat energi Anda dan membantu tubuh tetap terhidrasi. Sementara itu, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa minum kopi dapat meredakan stres yang bergejolak.

Melansir Goodhousekeeping, Kamis (12/1/2017), agar kualitas tidur tetap terjaga, ada beberapa tips yang perlu Anda terapkan.

Bangun pada jadwal yang sama setiap hari

Berjemur di bawah sinar matahari setiap pagi

Jangan minum alkohol untuk memperbaiki kualitas tidur

Hindari melihat layar elektronik, seperti tablet, ponsel, dan laptop sebelum tidur

Jangan tidur dengan hewan peliharaan

Hindari amarah sebelum tidur

Batasi tidur siiang selama kurang dari 30 menit



Warta Sejenis

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!